Sabtu, 03 Mei 2014

Kekuatan Cinta di Candi Plaosan

Candi Plaosan

Hallo guys .. sekali lagi aku ingin menceritakan pengalaman ku berpetualang ku di candi plaosan ini, ini kali pertamaku di sini, yaah memang aku suka menjelajah tempat yang belum pernah aku kunjungi … let’s check guys .. Candi Plaosan adalah sebuah candi yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
Sebelum candi prambanan akan ada perigaan , ambil kanan dan setelah itu akan ada berbagai petunjuk yang mengarah pada candi plaosan yang indah ini. Candi ini indah buat penikmat fotografi dan tentunya indah untuk umum ..
Menurut sejarahnya, candi ini dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Pramudya Wardani, Rakai Pikatan adalah raja ke-6 dari silsilah raja-raja yang pernah memerintah Mataram Lama dari dinasti Sanjaya yang beragama Hindu pada tahun 847 sampai 856 M, sedangkan Pramudya Wardani adalah seorang gadis dari Samaratungga dari dinasti Syailendra yang beragama Budha.
Candi plaosan ini didirikan oleh kerajaan Mataram Lama pada abad19 sebagai bukti cinta Rakai Pikatan kepada Pramudya Wardani. Konon dalam riwayat diceritakan bahwa pernikahan Rakai Pikatan dan Pramudya Wardani tidak disetujui oleh kedua pihak keluarga. Kedua keluarga tersebut memang berasal dari dinasti besar yang pernah berjaya di Jawa saat itu namun kedua nya memiliki latar belakang , prinsip, agama dan budaya yang berbeda. Meskipun begitu, kedua pasangan tersebut tetap berkehendak untuk menikah. Maka dibangunlah candi plaosan ini sebagai bukti cinta Rakai Pikatan kepada Pramudya Wardani. Konon ceritanya, candi ini dibangun sendiri oleh Rakai Pikatan dengan dibantu ole Pramudya Wardani.
Wujud dari candi ini adalah berupa candi kembar, sebagai lambang pasangan Rakai Pikatan dan Pramudya Wardani, yang dibagi dalam dua sisi. Pada relief candi di sisi utara konon ceritanya dibangun oleh Rakai pikatan yang menggambarkan seorang perempuan sebagai wujud kekaguman dan kecintaanya pada Pramudya Wardani, sedangkan relief candi di sisi selatan dibangun oleh Pramudya Wardani yang menggambarkan seorang pria sebagai wujud penghormatan, pengabdian dan kasih sayang pada suaminya yakni Rakai Pikatan.
Candi plaosan ini memiliki beberapa keistimewaan yaitu candi ini bercorak perpaduan Hindu-Budha, hal ini bisa dilihat dari candi ini tinggi seperti candi Hindu dan memiliki fondasi yang lebar seperti kebanyakan candi Budha.
Konon ceritanya, candi ini menyimpan kekuatan cinta dari Rakai Pikatan dan Pramudya Wardani, sehingga mendatangkan berkah bagi pasangan yang berkunjung di candi ini, dan bagi yang nyuwun di candi ini agar mendapat momongan pun bisa dilakukan ritual setiap jumat kliwon atau selasa kliwon dan ritual dilakukan sebanyak 3 kali.
ini sekilas cerita tentang candi Plaosan guys, lebih lengkapnya kalian bisa langsung datang berkunjung ke candi ini guys, dijamin ngga akan kecewa dengan keindahan dari candi yang dibangun oleh Raja besar ini bersama istrinya tercinta ..





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar